Kemarau 2014 Ujian Ataukah Adzab

Kemarau 2014 Ujian Ataukah Adzab
Hujan merupakan nikmat yang besar dari Allah Ta'ala. Semua makhluk membutuhkannya, tidak terkecuali manusia. Nikmat ini, sebagaimana yang diterangkan Allah- menjadi sumber kehidupan semua makhluk.

Sebagai muslim, kita meyakini dengan benar bahwa segala sesuatu tidak akan terjadi kecuali dengan perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala. Di antaranya hujan, ia tidak akan turun kecuali dengan perintah Allah Ta'ala. Jadi, turun dan tidaknya hujan itu dengan kehendak dan perintah Allah 'Azza wa Jalla. Dia berfirman,

أَمْ مَنْ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَأَنْزَلَ لَكُمْ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَنْبَتْنَا بِهِ حَدَائِقَ ذَاتَ بَهْجَةٍ مَا كَانَ لَكُمْ أَنْ تُنْبِتُوا شَجَرَهَا أَئِلَهٌ مَعَ اللَّهِ
"Atau siapakah yang telah menciptakan langit dan bumi dan yang menurunkan air untukmu dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu kebun-kebun yang berpemandangan indah, yang kamu sekali-kali tidak mampu menumbuhkan pohon-pohonnya? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)?" (QS. Al-Naml: 60)

Akhir-akhir ini kita mungkin sering melihat atau mendengar baik itu dari media masa atau dari media elektronik, tentang kemarau yang melanda negara kita tercinta Indonesia, disadari atau tidak segala sesuatu yang terjadi terhadap diri kita ataupun lingkungan sekitar adalah kehendak Allah Azza wazalla, namun kita dituntut untuk berfikir dan merenung segala kejadian tersebut apakah Ujian Ataukah Adzah dari Sang Khaliq.

Kemarau ini telah menyisakan seribu cerita dari saudara-saudara kita ada yang mengalami kebakaran hutan, gagal panen, kekurangan air bersih dan masih banyak lagi cerita lainnya. kita sebagai manusia yang diberi akal dan fikiran selayaknya bertafakur tentang hal ini, "Karena tuhan tidak akan merubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang merubahnya". dalam postingan kali ini sengaja saya mengambil tema Kemarau 2014 Ujian Ataukah Adzab...?,

Mari kita sedikit telaah. Firman Allah swt :

مَّا أَصَابَكَ مِنْ حَسَنَةٍ فَمِنَ اللّهِ وَمَا أَصَابَكَ مِن سَيِّئَةٍ فَمِن نَّفْسِكَ
“Artinya : “Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri.” (QS. An Nisaa : 79)”

Ibnu Katsir mengatakan bahwa makna “Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah” adalah dari karunia dan kasih sayang Allah swt. Sedangkan makna “dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri.” Berarti dari dirimu sendiri dan dari perbuatanmu sendiri, sebagaimana firman-Nya :

وَمَا أَصَابَكُم مِّن مُّصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَن كَثِيرٍ
“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS. Asy Syura : 30)

Berdasarkan keterangan tersebut diatas mungkin diantara saudara-saudara sudah dapat menyimpulkan sendiri jawaban dari tema postingan saya diatas.

“Akhir kata:
“Segala sesuatu datangnya dari Allah Swt. dan hanya kepada-Nya lah semuanya dikembalikan”

Berlangganan update artikel terbaru via email:

7 Responses to "Kemarau 2014 Ujian Ataukah Adzab"

  1. Untuk menyikapi musim kemarau 2014 ini termasuk ujian atau ajab, menurut saya kembali lagi ke orangnya itu sendiri. Saya pernah denger ceramah, jika orang itu beriman dan bertaqwa jelas itu adalah sebuah ujian tapi jika orang tersebut suka berbuat salah, intinya gak beriman dan bertakwa sudah dipastikan itu adalah sebuah adzab. Meskipun begitu tetap orang beriman sekalipun terkena imbasnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener sekali mas, superrrrrrr.............

      Delete
    2. Setuju deh dengan Mas Marnes ^_^

      Delete
  2. mungkin karena diantara kita hamba-hamba Tuhan sering sekali mengeluh akan hal ini, diberi hujan bilangnya,"Hujan terus" giliran diberi kemarau yang cukup panjang merasakan dan mengeluh dengan hal yang sama, jadi kita kembalikan lagi kepada orang yang menyikapi hal ini, seperti yang dikatakan mas marnes, sangat setuju..

    ReplyDelete
  3. kayaknya aku akan sering dateng k sini, disini adem banget.. trims pencerahanya

    ReplyDelete
  4. Yang penting dari kejadian ini adalah kita harus lebih sabar dan sadar

    ReplyDelete
  5. sudah saatnya kita sadar dan selalu mencintai lingkungan untuk menuju yg lebih baik di masa depan
    thanks by paket outbound

    ReplyDelete

Terimakasih banyak atas kunjungannya, salam silatuhami Alexjoen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel