Apa itu CSS...........?


CSS pertama kali dikembangkan pada tahun 1997, sebagai cara bagi para pengembang web untuk menentukan tampilan dan nuansa halaman Web mereka. Hal itu dimaksudkan untuk memungkinkan pengembang untuk konten terpisah dari desain sehingga HTML bisa melakukan lebih dari fungsi yang awalnya didasarkan pada - markup dari isi, tanpa khawatir tentang desain dan tata letak.

CSS tidak mendapatkan popularitas sampai sekitar tahun 2000, ketika browser Web mulai menggunakan lebih dari font dasar dan aspek warna CSS. Dan sekarang, semua browser modern mendukung semua CSS Level 1, Level sebagian, CSS 2 dan beberapa aspek Tingkat CSS 3.

Desainer web yang tidak menggunakan CSS untuk desain dan pengembangan situs web dengan cepat menjadi sesuatu dari masa lalu. Dan hal ini bisa dibilang sama pentingnya untuk memahami CSS seperti itu adalah untuk mengetahui HTML - dan beberapa akan mengatakan itu lebih penting untuk mengetahui CSS.

CSS adalah sebuah Singkatan
Ini adalah singkatan dari Cascading Style Sheet.

Style sheet mengacu pada dokumen itu sendiri. Style sheet telah digunakan untuk desain dokumen selama bertahun-tahun. Mereka adalah spesifikasi teknis untuk tata letak, apakah cetak atau online. Desainer cetak menggunakan style sheet untuk memastikan bahwa desain mereka dicetak tepat untuk spesifikasi. Sebuah style sheet untuk halaman Web melayani tujuan yang sama, tetapi dengan fungsionalitas tambahan juga mengatakan mesin melihat (browser Web) bagaimana membuat dokumen yang dilihat.

Cascade adalah bagian khusus. Sebuah style sheet Web dimaksudkan untuk kaskade melalui serangkaian style sheet, seperti sungai di atas air terjun. Air di sungai hits semua batu di air terjun, tetapi hanya orang-orang di bagian bawah mempengaruhi persis di mana air akan mengalir. Hal yang sama juga terjadi pada kaskade dalam style sheet Web.

Setiap halaman Web dipengaruhi oleh setidaknya satu style sheet, bahkan jika desainer Web tidak menerapkan gaya. Ini style sheet adalah agen pengguna style sheet - gaya default bahwa browser Web akan digunakan untuk menampilkan halaman jika tidak ada instruksi lain yang disediakan. Tetapi jika desainer memberikan instruksi lain, browser perlu tahu mana instruksi memiliki awalan.

Misalnya, di browser web saya, font default adalah "Times New Roman" ukuran 16. Tapi hampir tidak ada halaman yang saya kunjungi tampilan dalam keluarga font dan ukuran. Hal ini karena kaskade mendefinisikan style sheet kedua yang ditetapkan oleh para desainer untuk mendefinisikan ukuran font dan keluarga dan menimpa default web browser saya.


Dimana CSS Digunakan?

CSS digunakan untuk halaman web gaya. Tapi ada lebih dari itu. CSS digunakan untuk gaya XHTML dan XML markup. Ini berarti bahwa di mana pun Anda memiliki XML markup (termasuk XHTML) Anda dapat menggunakan CSS untuk menentukan bagaimana hal itu akan terlihat.

CSS juga digunakan untuk menentukan bagaimana halaman Web akan terlihat bila dilihat di media selain browser Web. Misalnya, Anda dapat membuat lembar print gaya yang akan menentukan bagaimana halaman web harus mencetak dan lain style sheet untuk menampilkan halaman web pada proyektor untuk slide show.


Mengapa CSS Penting?

CSS adalah salah satu alat yang paling kuat seorang desainer Web dapat belajar karena dengan itu Anda dapat mempengaruhi suasana hati dan nada keseluruhan dari sebuah situs Web. Style sheet ditulis dengan baik dapat diperbarui dengan cepat dan memungkinkan situs untuk mengubah apa yang diprioritaskan atau dihargai tanpa perubahan pada XHTML mendasarinya.

Tantangan CSS adalah bahwa ada begitu banyak belajar. Tapi itu tidak tampak seperti itu. Setelah semua, hanya ada sekitar 60 properti di Tingkat CSS 1 dan sekitar 70 di Tingkat CSS 2. Dibandingkan dengan jumlah tag HTML dan atribut untuk belajar, yang dapat merasa seperti kue berjalan.

Tetapi karena CSS dapat kaskade, dan menggabungkan dan browser menafsirkan arahan berbeda, CSS lebih sulit daripada HTML biasa. Tapi begitu Anda mulai menggunakannya, Anda akan melihat bahwa memanfaatkan kekuatan CSS akan memberi Anda lebih banyak pilihan dan memungkinkan Anda untuk melakukan hal yang lebih dan lebih dengan situs Web Anda.

Jika Anda ingin menjadi seorang desainer Web profesional, Anda perlu belajar Cascading Style Sheets. Mungkin hanya itu pengenalan singkat tentang CSS Salam Silaturahmi M. Alex Joenaedi

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Apa itu CSS...........?"

Terimakasih banyak atas kunjungannya, salam silatuhami Alexjoen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel